DENGAN KECERDASAN JIWALAH MANUSIA MENUJU ARAH KESEJAHTERAAN

Tuesday 11 March 2014

GERAK BENDA

share ya :

A. JENIS - JENIS GERAK BENDA

Benda dapat bergerak dengan berbagai cara. Macam - macam gerak benda antara lain menggelinding, berputar, memantul, jatuh, dan mengalir.

1. Menggelinding 

Gerak menggelinding adalah gerak berputar sambil berpindah. Gerak menggelinding terjadi pada benda yang bentuknya bulat, bundar, dan tabung. 
Contohnya : gerak menggelinding adalah gerak bola yang ditendang, kelereng yang disentil dan drum yang didorong.

2. Berputar

Gerakan berputar terjadi pada benda yang berbentuk lingkaran. Benda pada umumnya berputar pada as atau porosnya. Poros tersebut berfungsi sebagai sumbu gerak.
Contohnya : gerak pada kincir angin, roda sepeda dan kipas angin.

3. Memantul 

Gerak memantul adalah gerak benda yang berbalik arah setelah mengenai bidang yang keras. Benda yang memantul bentuknya bulat. Gerak memantul hanya terjadi pada benda benda karet yang lentur.
Contohnya : bola basket, bola tenis dan bola bekel.

4. Jatuh

Gerak jatuh adalah gerakan benda dari atas kebawah. Gerak ini terjadi pada semua bentuk benda. Semua benda bisa jatuh jika tidak ada yang menahannya. 
Contohnya : buku jatuh dari atas meja dan buah mangga jatuh dari pohonnya.

5. Mengalir

Zat cair bergerak dari tempat tinggi ketempat yang rendah. Gerakan yang dilakukan zat cair disebut mengalir.
Contohnya air yang dituang dari teko mengalir kedalam gelas dan air terjun mengalir dari atas ke bawah. 
Gas juga dapat mengalir.
Contohnya gas mengalir dari pompa kedalam ban.

B. Hal-Hal Yang Mempengaruhi Gerak Benda
Benda dapat bergerak cepat atau lambat. Cepat atau lambatnya gerakan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal :

1. Bentuk Benda 

Bentuk benda mempengaruhi gerak benda tersebut. benda berbentuk bulat seperti bola akan menggelinding lebih cepat dibanding benda yang berbentuk tabung atau kotak.

2. Ukuran dan Berat Benda

Gerak benda dipengaruhi oleh ukuran dan berat benda. Benda yang berukuran kecil lebih mudah bergerak daripada benda yang berukuran besar. Benda yang ringan lebih mudah bergerak dari pada benda yang berat. 
Contohnya : bola basket dan kelereng digelindingkan diatas lantai dengan tenaga yang sama. tentu kelereng akan lebih cepat daripada bola basket.

3. Luas Permukaan Benda

Luas permukaan benda juga mempengaruhi gerak jatuh benda. Misalnya, kertas dalam bentuk lembaran jatuh lebih lambat daripada kertas yang diremas.

4. Permukaan Lintasan yang Dilalui Benda 

Gerak benda juga dipengaruhi oleh bentuk permukaan lintasan yang dilaluinya. Misalnya, kelereng lebih mudah menggelinding diatas lantai daripada dihalaman yang berbatu. Benda lebih mudah menggelinding dipermukaan yang halus daripada yang kasar. Semakin kasar permukaan lintasa yang dilalui benda, semakin lambat gerak benda yang melaluinya.

sumber : buku logika


Newer Post Older Post Home

2 comments:

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Post a Comment