DENGAN KECERDASAN JIWALAH MANUSIA MENUJU ARAH KESEJAHTERAAN

Saturday 8 March 2014

RANGKUMAN MATERI IPS KELAS III SEMESTER 2

share ya :

BAB 1 

JENIS JENIS PEKERJAAN

A. KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA

     1. Kebutuhan Pokok ( Kebutuhan Primer )
         kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang. 
         Contohnya : sandang, pangan. papan

    2. Kebutuhan Tambahan ( Sekunder )
        Kebutuhan Tambahan adalah kebutuhan yang dipenuhi untuk melengkapi kebutuhan hidup.
        Contohnya : TV, radio, sepeda motor, kulkas , HP dsb.

B. MENGENAL JENIS - JENIS PEKERJAAN

    Pekerjaan yang ada dimasyarakat bisa kita golongkan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah pekerjaan yang mengandalkan piran atau otak, contohnya : Guru, Dokter, Tenaga Medis dsb. Kelompok kedua adalah pekerjaan yang mengandalkan tenaga atau kekuatan, contohnya buruh, tukang becak, tukang kayu, tukang batu, dsb. 
Jenis pekerjaan diatas dapat di golongkan menjadi pegawai negeri dan pegawai swasta.
1. Pegawai Negeri 
    Pegawai Negeri adalah orang yang bekerja dikantor pemerintahan.

2. Pegawai Swasta
    Pegawai swasta adalah orang yang bekerja bukan dikantor pemerintahan.

Menurut jenisnya pekerjaan dibedakan menjadi dua yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.

1. Pekerjaan yang menghasilkan barang contohnya : petani, nelayan, perajin, peternak, penjahit, dsb.

2. Pekerjaan yang menghasilkan jasa contohnya : guru, arsitek, paramedis/dokter, pedagang, polisi, TNI, pramugari, pramuniaga , salon, sopir, dsb.

BAB 2

SEMANGAT KERJA

A. BEKERJA KERAS

1. Pentingnya Bekerja Keras
    Setiap orang mempunyai kebutuhan. Kebutuhan dapat terpenuhiapabila kita mempunyai penghasilan.untuk dapat penghasilan setiap orang harus bekerja. Penghasilan dapat berupa uang yang dapat digunakan untuk membeli berbagai barang dan jasa yang diperlukan.

2. Tujuan Bekerja 
    Berikut ini tujuan orang bekerja :
    a. Memenuhi Kebutuhan hidup
    b. Meningkatkan kesejahteraan keluarga
    c. Meningkatkan pendapatan
    d. Memberi identitas diri
    e. Memperoleh kehidupan yang lebih layak
    f. Menunjukan bakat atau keahlian

3. Alasan Bekerja Keras
    Berikut adalah alasan pentingnya bekerja keras 
    a. Sesuai dengan martabat manusia
    b. Memperlihatkan Keluhuran budaya
    c. Menumbuhkan semangat untuk maju dan menjadi yang terbaik
    d. Menjadi modal bagi pembangunan

B. PENTINGNYA SEMANGAT BEKERJA

1. Pengertian semangat kerja
    Semangat kerja adalah keinginan diri untuk bekerja sungguh sungguh untuk mencapai hasil yang diharapkan. Semangat kerja juga bisa diartikan sebagai dorongan kepada seseorang untuk giat bekerja.

2. Syarat semangat kerja
    Berikut adalah ciri ciri orang yang memiliki semangat kerja
    a. Kerja Keras
        Berikut adalah ciri ciri pekerja keras :
        1. Kesulitan tidak membuat berhenti bekerja.
        2. Mencari cara kerja baru.
        3. Tidak malu bertanya.

    b. Tanggung Jawab
        Tanggung jawab adalah melakukan  apa yang dipercayakan kepada kita.

    c. Disiplin 
        Disiplin adalah mematuhi aturan yang berlaku.

    d. Jujur
        Jujur adalah berkata dan berbuat apa adanya, tidak mengada ada, tidak menambahi atau                mengurangi kebenaran.

    e.  Kreatif
         Kreatifitas dibutuhkan agar memiliki semangat kerja yang tinggi.

3. Manfaaat semangat kerja 
    Berikut beberapa manfaat orang yang memiliki semangat kerja.
    a. Dengan semangat kerja pekerjaan yang dihasilkan akan berhasil dngan baik dan berguna bagi orang lain.
     b. Semangat kerja memudahkan seseorang untuk meraih suatu prestasi.
   c. Semangat kerja dapat membentuk seseorang menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan pantang menyerah.

sumber : buku logika





































































Newer Post Older Post Home

4 comments:

ijin copas ya :) terima kasih.

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Post a Comment