DENGAN KECERDASAN JIWALAH MANUSIA MENUJU ARAH KESEJAHTERAAN

Wednesday 12 March 2014

KONSEP ENERGI GERAK DAN PENGHEMATAN ENERGI

share ya :

A. PENERAPAN ENERGI GERAK

Energi gerak dan energi air dapat diubah menjadi bentuk energi gerak. Energi gerak angin dan air dapat menggerakan kincir.

1. Kincir Angin

Kincir angin adalah kincir yang digerakan oleh angin. Bentuk dan bahan kincir angin mempengaruhi gerakan kincir angin. Bahan yang lebih kaku dan ringan mebuat putaran kincir lebih kencang. Di Inggris dan Belanda, banyak sekali terdapat kincir angin raksasa,
Kincir tradisonal dimanfaatkan untuk menggiling gandum atau memompa air untuk mengairi perkebunan. Kincir angin juga dimanfaatkan untuk memutar generator. Generator mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

2. Kincir Air.

Kincir air adalah kincir yang digerakan oleh energi air, Terjangan air menyebabkan kincir air berputar. Semakin deras aliran air, semakin kencang putaran kincir.
Dizaman serba modern ini, mingkin kincir air sudah jarang dijumpai, Namun, banyak manfaat yang memperoleh dari energi kincir air.
Manfaat kincir air antara lain sebagai berikut :
a. Untuk mengangkat air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi.
b. Untuk mengairi sawah. Air dibawa berputar ke atas dan dapat tertuang ke saluran pengairan sawah.
c. Untuk memutar generator pembangkit energi listrik.

B. CARA MENGHEMAT ENERGI

Berbagai macam sumber energi di alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :

1. Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber energi yang apabila sudah habis terpakai, tidak dapat dibentuk lagi dalam waktu yang singkat.
contoh. minyak tanah, bensin, gas alam, dan batu bara.
\
2. Sumber energi yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dimudah diperoleh dan tidak dapat habis. 
contoh. makanan, air, angin, dan matahari.

Menghemat energi adalah menggunakan energi sebaik mungkin. Kita harus menghemat energi, terutama energi yang tidak dapat diperbaharui. Menghemat energi bisa dilakukan dirumah, disekolah ataupun dalam kehidupan sehari hari.

1. Penghematan Listrik

cara menghmat listrik, misalnya :
a. menggunakan lampu tidur  pada malam hari.
b. mematikan lampu listrik pada siang hari.
c. mematikan televisi jika tidak dilihat atau alat-alat listrik lain yang tidak digunakan.
d. menggunakan lampu hemat energi.

2. Penghematan Bahan Bakar Minyak Bumi

a. Cara menghemat minyak tanah
    1. Gunakan kompor minyak seperlunya.
    2. Matikan kompor jika tidak diperlukan.
    3. Menggunakan kompor hemat energi.

b. Cara menghemat bensin
    1. Jangan menyalakan mesin motor atau mobil jika tidak perlu.
    2. pakailah sepeda atau berjalan kaki jika bepergian cukup dekat.
    3. Menggunakakendaraan umum ketika bepergian.

3. Penghematan Air
Cara menghemat air yaitu :
a. Mematikan keran jika bak mandi sudah penuh.
b. Menggunakan air bekas mencuci untuk menyiram halaman.
c. Menggunakan air seperlunya.


sumber: buku logika


Newer Post Older Post Home

2 comments:

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Post a Comment